Sepucuk Cerita, Tentang Dunia Bisnis

Ini ceritaku, tentang dunia entrepreneurship.

Dunia entrepreneur, dunia bisnis yang mengajarkan banyak hal. Disini aku belajar banyak hal sekali, tentang sebuah keberhasilan, kerjasama, semangat, mimpi, energi dan juga patah hati.

Perjuangan ini akan jadi sebuah cerita luar biasa, dalam kehidupanku. Yang mungkin sangatlah berharga, aku menulisnya disini, karena aku pikir.. seseorang yang sekolahpun tahu kapan waktunya untuk lulus.

Aku mencintai apa yang aku lakukan, itulah yang membuatku selalu semangat, hingga lupa bahwa aku terbiasa bekerja 20 jam sehari. Mimpiku sederhana, aku ingin membantu orang lain, bahkan ketika aku sedang tidur. Bukan hal yang mudah, dengan mengedepankan ego, passion, mimpi yang harus tercapai, tak jarang aku gagal ditengah jalan, kehilangan semangat, kehilangan banyak waktu hingga sedikit bertemu dengan orang-orang yang aku sayangi.

Akupun harus tahu waktu kapan aku harus berhenti melakukan semua ini, satu hal yang tidak bisa dibeli adalah waktu. Dan kemana kita akan menghabiskannya itu adalah pilihan penting yang akan menentukan kehidupan selanjutnya, steve jobs bilang “ jangan habiskan waktumu untuk menjalani kehidupan orang lain, jadilah dirimu sendiri “, pikiran itu selalu terlintas dalam benakku setiap bangun tidur.

Dan aku selalu bertanya, apakah aku lahir kedunia ini, untuk mengerjakan hal ini seumur hidup? Apakah apa yang aku lakukan saat ini adalah sesuatu hal yang aku impikan? Dan apakah yang aku kerjakan hari ini adalah tujuanku selama ini?

Ketika jawabannya “Tidak” mungkin aku harus mencari sesuatu hal lain yang kukerjakan, daripada aku menghabiskan banyak waktuku disini.

Namun, disisi lainnya banyak hal yang aku pertimbangkan, sekali lagi ini tentang mimpi dan realitas, ketika kita bermimpi menjadi seorang pilot, akankah kita pergi ke bandara dan berkata kepada mereka, “ aku ingin jadi pilot “ akankah kita menjadi itu?

Tentu tidak, aku selalu mencoba berpikir “setiap hal yang sulit dalam kehidupanku adalah proses ” dan proses itulah yang sangat berharga yang aku sebut perjalanan untuk menuju mimpi yang sebenarnya.

Memang, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, namun pastinya setiap manusia punya keinginan bukan? Dan ketika kondisi sulit itu datang, mungkin kita akan berpikir bahwa, apakah ini proses yang harus dilalui dan wajar, atau ini adalah suatu hal yang harus dihindari?? Jika itu menyulitkan kita sendiri.

Dalam bisnis sesulit apapun itu, apakah boleh kita memilih untuk berhenti dan mengerjakan sesuatu yang lain?

M.N/Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s