Curhat tentang IT Valuations

Studi Kasus :

IT Valuations strategic performance through IT : Berarti menganalisa implementasi penerapan IT dengan strategi “Performance Throught” apakah bisa didetailkan lagi, performance throughnya seperti apa ?

Jika menggunakan CSF (Critical Succes Factor), berarti fokus valuationsnnya adalah, bagaimana penerapan CSF ini. apakah layak jika diterapkan pada kondisi perusahaan saat ini, apa latar belakang yang menjadi alasan kenapa menggunakan CSF ini, jika ada alasan khusus, bisa disebutkan. Karena CSF ini bisa digunakan / biasanya diterapkan pada manajemen yang akan melakukan reegineering atau akan melakukan strategi baru (pengambilan keputusan)

Penjabaran :

Penasaran sama yang namanya IT Valutions, IT Valutions menurut pemahaman dan beberapa referensi merupakan suatu strategi / analisa yang digunakan menilai IT dari suatu perusahaan, apakah IT yang dipakai sesuai dengan kebutuhan, kebermanfaatan dan anggaran perusahaan. Sedangkan langkah terahkhir dari IT valuation adalah memperbaiki yang berujung business reegineering. memberikan usulan mana saja yang kurang sesuai dan mana yang perlu dimaksimalkan.

Tujuan dari IT valuation adalah untuk menilai manfaat IT terhadap penerapan IT di suatu perusahaan terkait dengan laba yang akan diperoleh.

Biaya IT ada 2 : biaya light on dan investasi Baru.

a)Pada dasarnya secara umum biaya investasi baru lebih kecil dibandingkan dengan biaya lighton atau biaya operasional (light-on) lebih besar dari pada investasi baru.

b)Pada saat perusahaan menerapkan investasi IT baru jangan hanya memikirkan harga dari implementasi investasi baru tetapi juga memikirkan biaya light on yang akan dikeluarkan.

Banyak Beberapa Pertanyaan Mengenai IT Valuations, salah satunya sebagai berikut :

1.Jelaskan yang dimaksudkan dengan keputusan yang tepat/benar berkaitan dengan penerapan TI dalam perusahaan ? Apa prinsip pengambilan keputusan tersebut?

Answer:

Pada dasarnya yang dimaksudkan dengan keputusan yang tepat/benar berkaitan dengan penerapan TI dalam perusahaan adalah dimana perusahaan dapat mengalokasikan sumberdaya terhadap seluruh proses manajemen dalam rantai nilai strategy to bottom line.

Seperti diketahui sebuah perusahaan seharusnya hanya menghabiskan uang pada penerapan TI yang secara langsung mendukung strategi bisnis secara efektif dan tidak boleh menghabiskan uang untuk penerapan TI yang tidak jelas. Tim manajemen dapat mengontrol anggaran investasi penerapan TI dan pada saat bersamaan dapat meningkatkan dampak bottom line secara konsisten. Sedangkan prinsip dari pengambilan keputusan tersebut antara lain adalah dengan merekomendasikan tim manajemen mengadopsi lima RightDecisions/RightResults untuk mengambil strategi bisnis dan tindakan penerapan TI, sbb:

1)Menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam actionable,pemahaman umum mengenai strategicintentions. Prinsip-prinsipnya adalah:

a) Proses perencanaan dan pengelolaan perusahaan harus mampu menghasilkanarahan strategis yang eksplisit dan dapat diterapkan sehingga dapat menentukaninisiatif bisnis dan TI yang dapat dicapai.

b) Seluruh langkah dan pengeluaran TI harus sesuai dengan arahan strategi bisnis.

c) Manajer dari berbagai area fungsional harus memiliki pemahaman dan komitmenyang sama mengenai arahan strategi perusahaan. Tiap bagian perusahaan,termasuk unit TI, harus dapat memahami bagaimana aktivitas di semua areafungsional, pada saat ini dan masa mendatang, serta mendukung arahan strategiperusahaan.

2)Mendapatkan manfaat tepat dari penerapan TI yang tersedia dan yang akan datangdengan mengevaluasi pengaruhnya terhadap arahan strategis.

Prinsip-prinsipnya adalah:

a) Pengaruh penerapan TI pada bisnis harus ditentukan dari aktivitas hubungansebab-akibat dengan keluaran bisnis. Aktivitas dan sumber daya harusdirencanakan, diprioritaskan, dilaksanakan, dan diukur berdasarkan atas ukurandan kontribusinya terhadap hasil bisnis.
b) Sumber daya baik untuk pengeluaran tetap dan investasi baru harus dialokasikandan dianggarkan berdasarkan hubungan eksplisit dengan arahan strategis.
Image of page 2
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s