Studi Kasus : Masih Pentingkah Knowledge Management untuk Organisasi?

Mungkin, knowledge manajemen adalah matakuliah paling favorit waktu kuliah dulu. Karena ada nilai mulia yg disampaikan yaitu “berbagi pengetahuan”.

Setiap orang punya knowledge, menghargai knowledge masing2 untuk bertukar informasi akan menbuat suatu organisasi semakin majemuk dengan pengetahuan.
.
Fundamental KM juga menyatakan hal demikian, hingga banyak buku KM yang menceritakan mengenai pentingnya, benefit dan implementasi KM pada organisasi / perusahaan.
Tapi, pada kenyataannya, sangat sulit untuk menerapkan knowledge manajemen pada organisasi yang notabene tidak ingin terlalu ribet dengan dokumentasi dan pengetahuan.
Briefing dan training saja sudah cukup mewakili KM.

Padahal, jelas-jelas KM memiliki perbedaan penting yaitu. Meng-capture pengetahuan setiap employee pada organisasi, untuk dijadikan data artefak yang nantinya bisa digunakan oleh employee lainnya, bahkan ketika employee ada yang resign, pengetahuan itu tetap ada dan tidak merugikan organisasi secara aset pengetahuan. (tidak semua)
.
Namun, yang sering terjadi, banyak top manajemen mengabaikan KM, namun di ujung. Mereka sadar dan menyesal kenapa tidak menerapkan KM diorganisasi / perusahan sejak awal. (ketika knowledge worker mereka ada yang mengundurkan diri).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s