Pulang Lebih Awal.

Tak seperti biasanya, hari ini aku pulang lebih awal dari biasanya. Sebelum sholat magrib.

Hari ini terasa berat, bahkan habis magrib aku langsung tertidur pulas. Iya, semenjak meeting sore ini perubahan visi dari top manajemen membuat saya sulit membagikan visi ke team yang sudah nyaman dengan manajemen gaya baru “rileks tapi narget”. Aku memang suka scrum, bukan human resource tapi human being, dimana bekerja dengan hati dan mengajak orang lain bekerja dengan memperhatikan visi dan juga hati mereka.

Namun, ketika ada perubahan visi yang memaksa saya untuk memaksa team saya untuk bekerja sesuai hal yang tidak saya suka. Saat itulah saya bertentangan. Saya bisa membuktikan dengan data, di KPI saya team bisa bekerja dengan maksimal jika mereka dalam keadaan bahagia, begitu juga aku.

Namun, Ketika kita bekerja dengan cara bekerja, bisa saya rasakan selama 1 bulan seperti sebuah penjara dan sangat membosankan. Aku harus jujur, hasilnya apa? Semua produktifitas dan kinerja menurun, semua nampak sibuk dan stres tanpa hasil.

Berbeda waktu dulu, semua nampak bahagia, terlihat nyaman tapi maksimal. Manajemen bilang kita grafik terus menurun, sedangkan didata pengukuran saya, justru malah naik. Bahkan semua sistem lebih baik dari sebelumnya.

Saya pikir ini salah satu cara untuk memaksimalkan resource bukan memaksimalkan potensi.

Mungkin mereka lebih senior untuk masalah membangun perusahaan, namun saya belajar hal baru dari sistem manajemen baru, tidak bisa cara manajemen lama diterapkan dimanajemen baru yang mayoritas SDM adakah kreatif dan penuh ide. Mereka bukan pekerja yang memproduksi ide setiap waktu, tapi mereka orang yang mencari solusi dan menemukan ide baru.

Ini yang banyak keliru, akhirnya banyak yang merasa tidak nyaman. Ya saya tahu itu.. Akupun sama.

Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s