7 Cara Melatih Kreatifitas, salah satunya “Menulis Setiap Hari”

Maraknya industri teknologi dan kreatif membuat trigger tersendiri untuk beberapa orang di ibukota. tidak usah jauh-jauh, ditempat saya tinggal dikontrakan yang kami coba buat sebagai tempat kreatif memaksa kami terus belajar dan membuat sesuatu hal yang baru.

Itulah kreatifitas, karena terbiasa dengan hal yang sifatnya wajib itulah akhirnya terbentuk pikiran dan mulai banyak ide, ide itu memang tidak cukup harus direalisasikan agar bisa menjadi suatu produk, produk juga belum tentu bagus tanpa menghasilkan profit atau income.

Akhirnya semua aktifitas tersebut, memaksa dan mengajari untuk berkreatifitas dan entrepreneurship.

Akhirnya mencari-cari buku, artikel, tulisan, tips bagaimana bisa menjadi orang kreatif seperti tokoh-tokoh idola saya dibidang teknologi dan bisnis. karena ternyata, bisnis tanpa kreatifitas juga tidak akan ada inovasi baru. padahal bisnis itu lahir karena kreatifitas.

  1. Membaca

Membaca merupakan salah satu cara yang wajib untuk dilakukan, bagi para pecinta buku pasti tahu apa dan manfaatnya membaca. entah apapun yang dibaca sepertinya memang bermanfaat ketika kita butuh ide mendadak. misalnya begini, kita pernah membaca suatu cerita atau buku, ketika kita sedang presentasi ke orang lain atau kita sedang bekerja, kita akan ingat apa dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan. membaca juga melatih untuk berkomunikasi, untuk itulah saya masih belajar membaca karena, saya tidak jago komunikasi.

2. Menulis

Mengutip sahabat nabi favorit saya, siapa lagi yang terkenal dengan pecinta ilmu dan buku itu, yap.. ”Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA” entah kenapa, saya ngefans banget sama sahabat nabi ini, mulai dari kisah cintanya #eh. terus sama kerendahan hatinya, pemikirannya, hingga bagaimana mencintai ilmu dengan menulis, itulah motivasi untuk terus menulis.

Disebutkan, bahwa kenapa kita harus menulis ? bagi setiap orang yang sedang mencari ilmu, ilmu itu diibaratkan dengan hewan buruan, ketika kita sudah mendapatkannya bukankah kita harus mengikatnya ? jika tidak hewan buruan itu akan lepas.

Nah, sama halnya ketika kita mencari ilmu. ilmu itu jika tidak kita tulis dia akan lepas, padahal mencari ilmu itu tidaklah mudah. tapi ketika kita sudah mendapatkannya, lalu tidak menuliskannya, berarti kita membuang ilmu yang kita dapatkan tadi kan ?

Bukankah itu kebodohan yang nyata ? kata sayyidina ali bin abi thalib RA.

3. Menggambar

Menggambar adalah salah satu cara populer untuk anak-anak untuk melatih kreatifitas, kita bermain dengan warna, setiap warna dan gambar tentunya tidaklah sama. nah, disitulah kita belajar untuk berkreatifitas dan belajar untuk menghargai. coba saja kita satu kelas melukis, setiap orang pasti lukisan dan gaya melukisnya tidaklah sama kan ? nah, kita disitu belajar untuk memahami dan belajar untuk menghargai bahwa setiap orang punya jiwa seni berbebeda beda.

4. Bermain Musik

Bermain musik misalnya gitar, itu membuat kita berfikir bagaimana menemukan nada yang cocok dan juga enak untuk didengarkan, indera kita terlatih untuk mendengarkan dan peka menyusun setiap nada tersebut. secara tidak langsung otak kanan kita akan belajar menghafal nada-nada itu.

5. Mengaji

Mengaji itu kewajiban untuk umat muslim, selain ada nilai ibadah dan spritual. jangan salah. mengaji itu membuat kita tenang pikiran kita rileks dan tertata. nah ketika pikiran dan hati kita tenang, kita akan mudah menyerap, merasakan kedatangan ide-ide baru, bahkan mood hati kita akan enak dan mudah untuk berpikir.

6. Bepergian

Siapa bilang bepergian menghabiskan waktu dan uang ? memang terlihat seperti itu, namun disisi lain, ada nilai positif yang bisa diambil jika kita mau memanfaatkan hal tersebut. salah satunya, ngeblog. menuliskan ulang bagaimana kita melakukan perjalanan ke suatu tempat yang menurut orang lain itu menyenangkan juga mendapatkan banyak sekali faedah, kita bisa memanfaatkan setiap momen untuk blog tersebut sebagai referensi yang bisa membantu mereka, kita bisa memberikan rekomendasi mulai dari harga, tempat transportasi hingga apa yang ada disana. hal tersebut bisa menjadi manfaat untuk mereka namun juga bisa tidak memubazirkan perjalan kita.

7. Menjelaskan Ulang (Speaker)

Beda dulu beda sekarang, lihat saja banyak sekarang banyak industri kreatif yang mengadakan event, training, meetup startup. semua hal tersebut melatih kita untuk berbicara kepada orang lain dan juga menjelaskan ulang apa yang telah kita lakukan untuk bisa dipahami oleh orang lain.

Mungkin itu dulu, belum ada ide yang lain selebihnya untuk mikirin yang lain disimpan dulu ya hehe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s