Perbedaan Visi

Dalam sebuah perusahaan tentuya terdapat visi dan misi yang akan dicapai, baik dalam waktu dekat ataupun dalam jangka panjang. visi inilah yang akan memberikan arah dan tujuan mau dibawa kemana perusahaan ini nanti, bentuknya seperti apa, modelnya seperti apa sampai sesuatu yang detail yang setiap orang bisa tahu dengan mudah jika disebutkan mengenai perusahaan kita.

Berbeda dengan visi, sekarang misi. misi merupakan upaya apa saja untuk bisa mencapai visi tersebut.

Gampangnya, jika visi merupakan suatu arah anak panah untuk bisa menancap dengan tepat ke papan. misi adalah jenis busurnya, jaraknya, arah angin. ibaratnya apapun komponen yang turut membantu dalam keberhasilan agar anak panah tersebut tepat sasaran.

Lalu, bagaimana agar semua organisasi berhasil mencapai visi bersama-sama ? tentunya dalam buku yang saya baca dan penjelasan yang saya dapatkan, ya harus sama visinya.

Tentunya jika dalam suatu organisasi, tidak ditetapkan visi yang jelas dan arah tujuan yang jelas akan menyulitkan semua stakeholder untuk mengambil keputusan. analoginya seperti ini :

Kita akan berangkat ke suatu kota, langkah utama kita yang pasti adalah menentukan kota dimana kita akan tuju (itulah visi). ketika sudah menentukan dimana kotanya, barulah kita memikirkan, naik apa, yang bisa kita capai, berapa lama, butuh apa saja dan persiapan ketika dalam perjalanan (itulah misi). sebuah misi merupakan suatu persyaratan yang akan kita penuhi untuk bisa mencapai suatu visi.

Lalu, setelah itu dikumpulkan semua stakeholder yang terlibat (yang mau ikut) dalam perjalanan itu. nah, dalam suatu perjalan tentunya ada banyak hal yang terjadi kan ? ada macet, ada hujan ada mungkin sesuatu yang tidak bisa dipastikan sebelumnya.

Misalnya, diawal kita memang sudah punya tujuan untuk ke kota itu, namun ditengah jalan ada arah jalan yang tiba-tiba tidak bisa dilewati akhirnya kita mencari jalan lain, karena jalan yang akan kita tempuh misalnya ada demo, atau lainnya.

Nah, disitulah kita merubah sesuatu yang sudah dikonsepkan diawal apa itu ? (kita merubah misi), kita tidak merubah visi, sampai detik itu visi tetap akan kekota itu. namun karena berhalangan ditengah jalan untuk itulah misinya berubah (jalan yang ditempuh bisa berubah) namun tujuan tidak.

Saat itulah yang sering ditemui banyak yang mungkin kurang saya mengerti. pertanyaan saya, apakah bisa jika kita melakukan perjalanan dengan baik jika kita tidak menentukan visi diawal ?

Visi yang saya tahu bermacam-macam : Bisa menjadi …, bisa membuat…., bisa kesana. yang mana arah dan tujuannya jelas, melakukan apa saja, dan jika kita dengan baik melakukan semua itu, maka kita akan berhasil dengan seperti ini. ada yang sosial, ada juga yang konvensional, ada juga yang material.

Selain itu, bagaimana visi satu sama lainnya tidak sama ? apakah semua bisa sampai pada tujuan kota yang sama ?

Misalnya yang satu ingin menjadi ….. berdampak sosial dll, yang satunya… ingin menjadi… berdampak keuangan, …. ingin menjadi berdampak diri sendiri ?

Bukankah itu sama halnya dengan melakukan suatu perjalanan dengan berbeda-beda kota ? jalannya pun mungkin juga berbeda, caranya juga berbeda.

Satu orang membayangkan ke kota A dan sudah membayangkan bisa makan pecel madiun dimalam hari.

Satu orang lagi membayangkan ke kota B dan sudah membayangkan bisa makan soto bogor disiang hari.

Pertanyaanya, apakah taste / semangat yang mereka lakukan sama jika mereka salah satu berjalan tanpa tujuan yang seperti mereka inginkan ? Mungkin, tidak.

Lalu, bagaimana jika terdapat perbedaan visi dalam suatu perusahaan, bisnis atau organisasi ?

Hanya opini dan sudut pandang, karena yang saya tahu seperti itu, bukan merupakan hal benar, hanya pendapat yang belum dibuktikan dengan penelitian. hihihi

Regards,

M. Nahrowi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s