Tertarik untuk Buat Startup Hardware ?

Setelah melihat berbagai berita dimedia, banyak perusahaan startup terus berinovasi ada yang menjadikan warung menjadi berbasis teknologi, ada juga yang lainnya, apapun yang dulunya manusia sekarang menjadi berbasis teknologi entah itu website ataupun aplikasi, lalu mendapatkan pendanaan.

Saya masih belum tahu, bagaimana prosesnya kok bisa semudah itu. mereka seolah memindahkan dari konvensional ke digital lalu sudah jadi perusahaan berbasis teknologi, ya meskipun mereka belum berjalan 1 tahun dan belum mendapatkan balik modal, setidaknya mereka sudah mendapatkan investor.

Nah, enak mana pakai modal sendiri atau modal investor ? entahlah.

Dari semua startup banyak booming berhubungan dengan aplikasi dan website, kalau enggak gt ya startup fintech dan bisnis berbasis online.

Saya jadi inget, waktu dulu masih kuliah di jurusan teknik komputer, saya diwajibkan membuat perangkat elektronika, setiap hari tugasnya adalah merangkai kabel dan elektrinika tersebut menjadi sesuatu yang bisa berjalan, sempat berfikir bahwa apa yang sedang dilakukan ini karena memang saya sukanya sistem informasi dan bisnis, jadi ketika dapat pelajaran itu agak gmna gt.

sampai akhirnya beberapa mata pelajaran berbasis elektronika semua, mahasiswa semua harus tugas akhir membuat robot dan hardware automations (bisa gerak sendiri) menggunakan program yang ditanam dihardware.

Sampai akhirnya tugas akhir kuliah saya untuk mencapai kata lulus itu, dengan dibantu teman saya saya mangambil Hardware. yaitu menggunakan Arduino (microcontroller) sebagai bahannya, tujuannya adalah membuat alat yang bisa berinteraksi terhadap manusia. semua mahasiswa berlomba membuat rangkaian robot tersebut, keren-keren.

Namun sayang, setelah semua lulus, kemanakah semua perangkat hardware itu ? semua sudah ditinggalkan dan tidak lagi ditekuni. semua berpindah untuk menekuni hal yang lain entah itu jaringan, ataupun programming dengan alasan tidak ada lowongan kerja untuk hardware.

Yang saya temui sendiri, nyatanya agak sulit, karena saya yang dulunya hardware jadi banting setir dan terjung diwebsite, karena nyatanya waktu itu masih belum populer mengenai IoT (Internet of Things) tepatnya tahun 2013-2014.

Nah, giliran tahun 2016 mulai banyak bermunculan startup yang membaca konsep hardware dan IoT tersebut, berarti mulai banyak dong kesempatan untuk mengembangkan startup Hardware ?

Nah, untuk lulusan Teknik Komputer. Tertarik untuk Buat Startup Hardware ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s