21 Nasehat Bijak Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA tentang kehidupan

“Ambillah hikmah kapan saja ia mendatangimu, sebab ada kalanya hikmah berada dalam dada seorang munafik, maka ia akan meronta-ronta dan akan menjadi tenang setelah berada dalam dada pemiliknya (orang mukmin)”

“Siapa yang menyayangimu akan melarangmu (dari berbuat buruk), dan siapa membencimu akan menipumu” (mengatakan keburukan sebagai kebaikan sehingga kamu melakukan keburukan itu)

“Paling indahnya kehidupan adalah tidak memiliki beban yg tidak mampu ditanggung”. (Kata Kata Bijak Kehidupan)

“Bersikap sombong kepada orang2 yg sombong adalah tawadhu itu sendiri”. (Kata Kata Bijak Khalifah Ali Bin Abi Thalib ra tentang kehidupan)

“Jika engkau ingin bersahabat dengan seseorang, buatlah dia marah, maka jika dia tetap berlaku adil padamu dalam marahnya, jadikan dia sahabatmu, jika tidak demikian, tinggalkanlah ia”.

“Kebenaran tidak dikenali dari manusia. Kenalilah kebenaran itu sendiri pastilah engkau akan mengenal siapakah yang berada di pihak yang benar.”

 “Persiapan sebelum memulai akan menyelamatkanmu dari penyesalan”
(Kata kata Mutiara dan Hikmah tentang Kehidupan dari Sayyidina Ali )

“Perhatikanlah orang2 yang memberikan nasehat kepadamu, seandainya ia memulai dari sisi yang merugikan orang banyak, janganlah diterima nasehatnya dan berhati-hatilah darinya, sedang jika ia memulai dari sisi keadilan dan kebaikan orang banyak maka terimalah nasehatnya itu”.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karomallahu Wajhah berkata : “Pastilah untukmu ada seorang teman di dalam kuburmu, karenanya jadikanlah temanmu itu seseorang yang berwajah tampan dan wangi baunya, dia adalah amal shalih”. (Kata Kata Bijak tentang Kehidupan imam ali)

“Kedermawanan yang sebenarnya adalah berniat melakukan kebaikan kepada setiap orang” (Kata motivasi bijak islami)

“Janganlah sekali-kali salah seorang dari kalian mengatakan sesungguhnya orang lain lebih utama dalam melakukan kebaikan ini daripada saya, maka demi Allah, perkataannya akan menjadi kenyataan”.

“Kebahagiaan yang sempurna diperoleh dengan ilmu, sedang kebahagiaan yang kurang sempurna diperoleh dengan zuhud. Dan ibadah yang didasari tanpa ilmu dan kezuhudan adalah keletihan badan”. (Khalifah Ali Bin Abi Thalib ra)

“Janganlah engkau meninggalkan pemberian nasehat kepada keluargamu karena sesungguhnya engkau bertanggung jawab atas mereka” (Imam Ali bin Abi Thalib)

“Jika engkau meminta suatu kebutuhan kepada seorang dermawan, maka biarkanlah dia berfikir, sebab dia hanya berfikir dalam kebaikan”

“Membantu orang yang terlanda kesukaran dan menghibur orang yang dalam kesusahan berarti menebus dosa-dosa besar”(kata kata mutiara kehidupan ali bin abi thalib)

“Akibat ketakutan ialah kekecewaan, dan (konsekuensi) keengganan ialah frustrasi. Kesempatan lewat seperti awan. Karena itu, gunakanlah kesempatan yang baik”.(Sayyidina Ali)

“Sedang jika engkau meminta kepada seorang yang pelit, maka mintalah secara mendadak, sebab jika dia sempat berpikir, niscaya dia akan kembali ke watak asalnya (kikir)”

“Bertakwalah! Bertakwalah! Demi Allah, la menyembunyikan dosa-dosa Anda sedemikian rupa seakan-akan la telah mengampunimu”

“Zuhud yang terbaik ialah zuhud yang disembunyikan” (Kata-kata Mutiara tentang kehidupan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra)

Bilamana seseorang menyembunyikan barang sesuatu di hatinya, hal itu akan terungkap melalui kata-kata yang tak disengaja dari lidahnya dan (pada) rona wajahnya”

“Ampunilah kekurangan orang-orang yang bertenggang rasa karena bilamana mereka jatuh ke dalam kekeliruan Allah akan mengangkatnya” 

Disklaimer : Semua kata-kata yag dicatat disini belum ada referensi, buku, jurnal, yang mendukung, semua masih berasal dari googling sana, googling sini, baca sana, baca sini, jika baik dan ada manfaatnya silahkan diambil jika tidak silahkan dilewati. karena catatan diatas digunakan sebagai pengingat diri dan orang lain.

Kutipan : http://info-sipaijo.blogspot.co.id/2015/02/44-mutiara-hikmah-imam-ali-bin-abi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s