Studi Kasus : Pindah dari Shared Hosting ke VPS hingga Server Luar yang Scalable (Bermerek) belum tentu menjamin kecepan website bagus.

Ini uji coba yang telah kami lakukan beberapa bulan yang lalu terkait kecepatan website kami yang kurang bagus. awalnya kami menggunakan shared hosting yang memang sudah biasa kami gunakan, apalagi untuk kalangan UKM dan bisnis yang berbasis teknologi namun belum terlalu ke teknologi banget. selain itu alasan kami pakai shared hosting adalah karena memang lebih murah untuk harganya dan sesuai dengan kebutuhan organisasi yang memang baru saja mengenal teknologi berbasis website ini.

Awalnya kami sudah memperbaiki website kami saat masih dishared hosting, namun karena kecepatannya belum juga maksimal ke grade A. hal itu menjadi gatal untuk terus dibenahi, alhasil kami berbenah untuk yang satu ini yaitu kecepatan.

namun sudah berbagai upaya kami coba untuk meningkatkan kecepatan website, setelah kami tanya sana sini, banyak yang berasumsi bahwa ini masalah server, namun harusnya saya tidak langsung percaya untuk asumsi yang tanpa data dan ekperience yang teruji.

Nyatanya tidak seperti itu, ketika kita dulu menggunakan shared hosting dan kita testing kecepatannya sampai grade A karena kita memang waktu itu memilih vendor hosting yang kami rasa berkualitas, setelah itu kami coba lagi untuk mencoba meningkatkannya ke arah yang lebih cepat lagi dengan menggunakan beberapa opsi, antara menggunakan aplikasi, meminta bantuan pihak hosting sampai mencoba meningkatkan kapasitas dan capability hostingnya. hasilnya memang naik untuk segi kecepatannya.

Nah, karena terbukti work it, akhirnya kami mencoba untuk menaikkan ke VPS dengan asumsi server dengan kapasitas yang lebih private, independen dan juga lebih besar skalanya. kami mengira itu adalah solusi kami untuk mengatasi hal tersebut. nyatanya tidak !

Setelah kami resmi pindah ke server Lebih besar yaitun VPS. lalu kami coba untuk testing lagi, hasilnya kecepatan malah menurun, wah kenapa ini ? dari sisi bisnis ini dinilai merugi, karena semakin besar biaya yang dikeluarkan, namun untuk kemampuan teknologi malah menurun.

Proses mencari alternatif solusi.

Setelah kami mencoba cara sana sini, akhirnya kami menemukan alternatif solusi, bagaimana jika menggunakan server luar negeri. atau migrasi ke server yang lebih bermerek yang dipakai oleh industri besar.

Dari situlah kita mulai project itu, tepat 2 bulan. kami memulai itu, lalu pindah migrasi dll, prosesnya sama menggunakan SDLC, sampai akhirnya masuk ke fase evaluasi dan testing. hasilnya adalah, kecepatan yang dihasilkan tidak lebih cepat dari VPS Sebelumnya. dari situlah kita bertanya, kenapa kok malah lebih cepat menggunakan VPS, padahal kita sudah menggunakan server yang berkualitas.

Nyatanya yang menjadikan website cepat tidak melulu masalah server bermerek apa juga, namun adalah spesifikasi dan kemampuan yang dimiliki server yang sesuai dengan website.

Ini bukan jawaban, hanya sebuah catatan yang juga masih diuji kebenarannya.

Regards, M. Nahrowi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s