Menentukan Harga Project Website.

Mungkin tidak jarang sekarang marak orang-orang lulusan teknologi menjadi seorang developer atau pekerjaan freelance lainnya yang memang bisa dikerjakan dari manapun. bahkan, untuk orang non IT saja juga banyak yang tertarik untuk mengambil kesempatan era digital ini. apa imbasnya ? ya tentunya makin banyak orang-orang menawarkan jasa perancangan website atau aplikasi lainnya. bagus dong, jiwa entrepreneurship terus tumbuh.

Nah, bicara mengenai pekerjaan freelance atau yang berhubungan dengan project pasti tak jarang kita menentukan berapa harga dari sebuah perancangan sistem informasi yang akan kita buat itu.

apa contohnya, kita lihat di google, banyak sekali ketika kita cari dengan keyword jasa pembuatan website, beragam harga ada mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. nah, mirisnya banyak juga yang menjual dengan harga yang sangat miring. sehingga kesannya harga pembuatan suatu website itu sudah seperti beli gorengan, padahal untuk belajar kesana, proses, waktunya hingga kuliahnya juga mahal. itu yang sedikit disayangkan.

Namun, ketika kita tanya dari sisi klien. mereka juga tidak mau jika harganya terlalu mahal, soalnya mereka juga belum tahu apa kegunaan website ini bisa menambah keuntungan mereka ? bagaimana caranya ?

Nah, dari situlah perlunya ilmu IT Business valuations, gunanya adalah untuk menjembatani antara kebutuhan klien (customer) memahami kemauannya yang nantinya disesuaikan dengan solusi Teknologi yang kita tawarkan.

Belum tentu bisnis mereka butuh aplikasi, bisa jadi dengan membuatkan mereka aplikasi yang mahal hasilnya juga tidak ada keuntungan, bisa iya bisa tidak. daripada berandai-andai, untuk itulah perlu dihitung dan diukur.

Berapa keuntungan yang akan didapatkan oleh klien (customer) ketika mereka menggunakan teknologi informasi ? ketika mereka tahu keuntungan dan manfaat yang akan didapatkan, tentunya mereka akan berfikir sekali lagi. dan mereka menjadi tambah yakin bahwa saya harus menggunakan sistem ini.

Nah, bagaimana menentukan harga project website ? tentunya dengan mengukur kesulitan yang dibuat hingga berapa konversi keuntungan revenue yang dihasilkan oleh klein nantinya, jika tidak ada keuntungan sama sekali, lantas kenapa mereka harus buat website atau sistem kan ?

Okey, semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s