Kendala Implementasi IT ke Bisnis dan Kesesuaian dalam Organisasi.

M Nahrowi:
Pada Kenyataannya, Tidak semua stakeholder peduli mengenai kesesuaian implementasi IT kedalam Organisasi / Bisnisnya. hal itu karena dipikir terlalu lama, menyulitkan dan juga tidak berdampak langsung. padahal itu adalah salah satu proses penting untuk membuat pondasi dimasa mendatang. mengingat teknologi kian berubah sangat cepat setiap hari, perlunya adanya prediksi masa depan bukan hal yang mustahil di era digital ini.

Ilmu pengetahuan tidak sekaku yang diperlihatkan dibuku-buku, tergantung bagaimana kita memandang. salah satunya kita coba menerapkan strategy triangle untuk pemilihan server yang tepat bukan karena ingin, asumsi atau kebutuhan. tapi karena sudah waktunya apa belum ditambah lagi sudah siap apa belum, dan hal tersebut bisa diukur dengan strategy ini (by reference).

Lingking systems to strategy and the organization adalah sebuah kerangka kerja untuk menjelaskan kesesuaian antara business system dan untuk mengerti dampak Information System ke dalam organisasi. Kerangka kerja ini disebut sebagai Information Systems Strategy Triangle karena adanya keterkaitan antara business strategy (Bisnis) dengan Information System (IS/IT) strategy dan organizational strategy (Organisasi).

Yaitu bisa disebut suatu kerangka kerja / framework yang menjelaskan bahwa ketika akan melakukan suatu implementasi IT pada suatu organisasi maka perlunya dianalisa terlebih dulu, apakah relevan dengan bisnisnya, apakah relevan dengan organisasinya disitulah peranan IT tidak serta merta diimplementasikan, namun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis (goals) dan juga kondisi organisasi perusahaan itu sendiri (culture). Hal tersebut menjadikan implementasi Informations System terkesan lebih fleksibel dan tidak kaku, hal itulah yang menjadi kesuksesan dalam implementasi IT pada bisnis dan organisasi.

The point : Tetap saling berkolaborasi, tidak ada saling mendominasi, menambah tanpa mengurangi. tapi berdampak dikemudian hari.

(Build your infrastructure today, for future) M. Nahrowi /28 Desember 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s