Jadilah Penyemangat.

Setiap kita pasti memiliki hal yang dikeluh kesahkan, sedikit ataupun banyak. nyatanya memang begitu. manusia memang tempatnya permasalahan dunia.

Aku menyebutnya, disilah kita berperan yang sesungguhnya, apakah kita ikut mengeluhkan suatu keadaan atau menjadi penyemangat. disitulah kita memutuskan untuk memilih menjadi apa ? apakah seorang penyemangat tidak punya permasalahan ? Ada, bahkan mungkin lebih banyak dari seorang yang lain yang menceritakan permasalahanya, bahkan mereka para penyemangat, melupakan permasalahan mereka sendiri untuk menyemangati orang lain, latihannya tidaklah mudah, mereka pernah mengalami banyak hal diwaktu yang lalu, hal itulah yang melatihnya untuk terus bersemangat dan terus menjadi penyemangat orang lain, kenapa ?

Karena, sebenarnya bahan bakar motivasi manusia itu sendiri adalah semangat, entah itu apapun yang membuatmu semangat, bakar saja, bakar ! sampai akhirnya kita mendapatkan semangat yang kuat dalam hal apapun.

Bahan bakar semangat bisa macam-macam, ada yang menggunakan mimpi, ada yang menggunakan motivasi orang lain, kekecewaan, balas budi, ataupun hal besar lainnya. intinya, kita harus punya bahan bakar semangat sendiri, nah, bagaimana jika kita belum menemukan bahan bakar untuk semangat kita ?

Temukan dan terus cari dulu, apa yang bisa membuat kita terus semangat setiap hari, nah jika kita sudah menemukan semangat yang membara, yang membakar kita setiap hari, lanjutkan semangat itu jadikan bahan bakar terbaik untuk berkarya.

Dan jika kita sudah berhasil memiliki semangat yang membara, maka sudah waktunya, jadilah semangat untuk orang lain, jadilah orang yang bisa memberikan semangat kepada orang lain, jadilah sosok yang bisa membuat luka seseorang menjadi sembuh, dan jadilah seseorang yang menguatkan dan membangkitkan semangat orang lain.

Hal itulah yang sering banyak saya temui terhadap orang-orang yang inspiratif, orang hebat, orang yang mencapai mimpinya. apa yang beda dari mereka ? mereka punya semangat yang sangat besar, dari mana mereka mendapatkan semangat itu ? banyak macamnya, dari buku inspiratif, dari cerita inspiratif, dari orang yang telah sukses, dan yang terpenting adalah dari kita sendiri yang membuat semangat itu.

Perbedaan orang biasa dengan orang yang penyemangat adalah, mereka selalu semangat meskipun dalam kondisi apapun, apakah mereka tidak punya permasalahan ? banyak, hanya saja mereka tidak mengeluh, mereka tidak menyerah, tapi mereka terus menerus menyemangati dirinya dengan cara apapun.

Karena memang sebenarnya hanyalah semangat yang mereka miliki untuk sampai ketitik keberhasilan mereka, dan tak jarang orang lain melihatnya dan berpikir mereka punya modal yang lain, padahal modalnya “hanya semangat” dan sebenarnya semua orang bisa memilikinya.

M. Nahrowi.13.3.2018

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s