IT Valution : Pentingkah Validasi siapa User yang akan menggunakan System Nanti ?

Melanjutkan dari post yang lalu mengenai IT Valuations, ada baiknya untuk memahami apa sih IT valuations itu sendiri ? berdasarkan yang saya dapatkan dari beberapa referensi dan juga kuliah, IT Valuations adalah cara kita untuk menilai apakah Implementasi IT yang akan kita lakukan nantinya berguna dan bermanfaat untuk organisasi. karena itulah yang sebenarnya tujuan dari implementasi teknologi.

Bukan berarti dengan adanya teknologi di era sekarang ini membuat kita lebih baik karena memang lagi jaman “teknologi” untuk itulah, perlunya adanya IT Valuation ini.

Dengan ini, kita bisa melihat, mengukur, apakah IT yang akan kita terapkan sesuai dengan kondisi organisasi ? misalnya begini.

Kita membuat sebuah sistem berbasis website lengkap dengan framework. misalnya : Laravel, Code Igniter, Yii atau yang lainnya yang sekiranya itu sulit dan canggih untuk orang awam.

Namun, sebelum kita melakukan implementasi, kita perlu kaji dulu. layakkah, cocokkah implementasi system berbasis website tersebut disuatu organisasi ? tidaklah mungkin jika kita menjadi seorang IT Konsultan, Web Konsultan lalu kita memberikan saran pengembangan website kepada client yang membuka membuka warung.

Yang perlu kita tanya, apakah website itu berguna dan berfungsi untuk warung tersebut ? meskipun bisa juga perlu bisa juga tidak. coba kita bandingkan dengan case yang satu ini.

Kita membuatkan website ecommerce (toko online), untuk sebuah perusahaan jual beli / retail. tentunya sistem itu akan sangat membantu bukan ?

Pada kasus yang lainnya juga, kita juga harus memperhatikan siapa yang akan menggunakan sistem, ternyata setelah kita mencoba membuatkan sistem informasi berbasis website dengan teknologi canggih, nyatanya perusahaan tersebut mayoritas adalah orang yang gaptek dan belum mengenal teknologi sama sekali. apa yang terjadi ?

Tentunya, implementasi sistem dan juga pengelolaan sistem tidak bisa dengan baik bukan ? sebelumnya kita perlu untuk mengaji siapa user yang akan menggunakan sistem agar sistem juga bisa digunakan dengan baik.

Dan ujung dari semua itu adalah, bagaimana sistem yang kita bangun bisa membantu organisasi, perusahaan dan juga tidak menyulitkan proses aktifitas organisasi itu sendiri.

Salam, M. Nahrowi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s